Rapat Koordinas Lintas Bidang

9 10 2008

Senin, 06 Oktober 2008.

Dalam rangka penyatuan perencanaan program dan kegiatan ada beberapa hal yang akan dicapai sebagai isu sentral target pelaksanaan Program dan Kegiatan Tahun 2008 yaitu:

  1. Review Perkembangan Program dan Kegiatan Tahun 2008 dan Rencana Kerja Tahun 2009
  2. Review Perkembangan Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Perhubungan Program dan Kegiatan Tahun 2008 dan Rencana Kerja Tahun 2009

Adapun pelaksanaan Rapat Koordinas dihadiri Kepala Bidang Perhubungan Udara (J. Angwarmase), Perhubungan Darat (Drs. E. Batlayeri, M.Si), Bidang Laut, Postel serta Staf Bagian Perencanaan Dinas Perhubungan…

Beberapa Hal yang disampaikan sebagai isu sentral yang merupakn FOKUS Utama pelaksanaan Program Tahun 2008 yaitu :

  1. Pelaksanaan Operasional KMP. Egron, termasuk penerimaan Pegawai (ABK) yang telah diseleksi dan akan mengikuti Pelatihan di Madura (Jawa Timur),
  2. Pelaksanaan Program dan Kegiatan Bandar Udara Moa Tahap I yang akan dikoordinasikan serta dipresentasikan hasil ole Tim Konsultan Pembangunan PT. Tri Daya PRamurtia yang telah selesai Hasil Survey Rencana Induk Pembangunan Bandar Udara Tepa-Moa,… dalam pelaksanaan tahun ini adalah Clearning Area Bandar Udara.
  3. Pengusulan Program dan Kegiatan Tahun 2009, serta beberapa Program dan Kegiatan sebagai Prioritas Utama diusulkan dalam Perubahan Anggaran (APBD) Dinas Perhubungan pada bulan Oktober 2008.

Ketiga Isu Pokok merupakan fokus utama pelaksanaan yang akan dilanjutkan dalam pembahasan kedua yaitu usulan program dan kegiatan tiap Bidang, hari Ketiga Sinkronisasi hasil usulan dengan Perencanaan Program dan Keuangan untuk dijadikan prioritas Utama Program dan Kegiatan Tahun 2009.

Dalam Rapat Koordinasi lintas bidang telah disampaikan beberapa hasil Review Program-Program Lanjutan Tahun 2007 dan beberapa Kegiatan-kegiatan yang telah dicapai dan belum sebagai acuan terselesainya atau tidak kegiatan Tahun 2008 kedepan atau dijadikan sebagai luncuran atau lanjutan ditahun 2009.

Target pencapaian Tahun 2008 untuk realisasi Non Fisik dapat diukut tingkat Kinerja dan Fisik yang masih belum dapat diukur pencapaian kinerja karena indikator-indikator yang akan dicapai secara umum telah dilaksanakan secara spesifik belum mencapai target.

Dasar itu merupakan tanggung jawab bagian perencanaan dan bidang dalam suatu kerja sama lintas yakni dengan langkah pertama adalah pembenahan data base perhubungan sehingga PAD yang akan diusulkan merupakan target yang dapat diukur sesuai dengan kondisi dan keadaan diwilayah Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

Beberapa waktu yang lalu, pertemuan dengan Bapak Bupati Maluku Tenggara Barat di Surabaya membicarakan serta melaporkan  secara informal/tidak resmi tentang Pembentukan Kooperasi Wahana Sejahtera di Dinas Perhubungan demi kesejahteraan Pegawai sebagai contoh bagi dinas/badan terkait lainya.

Selasa, 07 Oktober 2008.

Sesuai instruksi Bapak Bupati Maluku Tenggara Barat, tentang Peninjauan kembali atau di Redesign Jalur/Trayek sesuai dengan Pengoperasian 2 (dua) Unit Mobil Dinas Perhubungan yang akan membantu dan menjembatani Hasil-hasil yang akan dijual oleh Masyarakat sebagai sarana pembantu transportasi selama ini.

Langkah Pertama yang dilaksanakan adalah dengan meninjau dan menguji jalur luar kota yakni dimulai dari Kota Saumlaki hingga Desa Kilmasa, apakah kondisi jalan masih boleh dilalui atau tidak.

Kadis dengan Kades Kilmasa

Kadis dengan Kades Kilmasa

Pertemuan dengan Kepala Desa Kilmasa menghasilkan harapan masyarakat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tenggara Barat lewat Dinas Perhubungan memperhatikan tarif angkutan darat terutama BIS damri yang melakukan penagihan terlalu besar hingga Rp. 50.000,- dengan barang bawahan ukuran karung 25 Kg sebesar Rp. 25.000,- dengan masuknya Trayek Bis Damri Dinas Perhubungan ke Desa Kilmasa masyarakat sangat menyambut baik.

Kamis, 09 Oktober 2008.

Pertemuan Lintas Bidang Dinas Perhubungan Kabupaten Maluku Tenggara Barat pertama-tama Rapat Kerja tentang Evaluasi Program dan Kegiatan Tahun 2007 hingga luncuran ke tahun anggaran 2008 yang dilaporkan kendala dan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan adalah :

1.      Penangung jawab Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) belum memiliki dan merencanakan Kerangka Acuan Kerja (KAK) sebagai alat kontrol pelaksanaan kegiatan yang dimaksud

2.      Belum tertatanya indikator kinerja pelaksanaan sesuai dengan anggaran yang terukur sesuai dengan kondisi dalam lingkungan SKPD

Dalam Rapat Kerja dimaksud telah dihasilkan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan tahun 2008 dimana kedepan perlu koordinasi dengan Bagian Perencanaan dalam mengelola pelaporan-pelaporan yang sesuai dengan standar pelaksanaan yang telah diajukan dan perlu diadakan perubahan-perubahan yang mendasar atau secara detail.

D. Uniwaly, SE

D. Uniwaly, SE

Dalam Evaluasi PAD Tahun 2008 kendala dan permasalah yang dihadapi adalah kurangnya tenaga lapangan (Staf) dalam menagih retribusi udara dan laut serta belum operasionalnya  KM. Terun Narnitu yang merupakan target anggaran yang begitu besar penghasilan/pendapatan  asli daerah, terhambat dengan pelaksanaan Pihak-III yang mengelola dan masih diadakan pengedokan/reparasi untuk mengganti beberapa acesories kapal per oktober 2008. (Bendahara Penerimaan)

Adapun beberapa Program dan Kegiatan kondisi per 30 September 2008 yang telah memasukan laporan pelaksanaan kegiatan dimaksud, antara lain:

Pemeliharaan/Operasional Pelabuhan Penyebarangan Saumlaki

Tujuan : 1. Terpeliharanya Pelabuhan Penyebrangan Saumlaki

2. Kenyamanan dan tertibnya operasional pelabuhan penyebrangan Saumlaki

3. Terjaminnya kualitas pelayanan dan peningkatan pelayanan angkutan penyebarangan

Lingkup Pekerjaan : Pengecatan; Papan, Fondasi, Rumah Jaga (Pos), Ruang Mandi, Ruang Tunggu, Pergantian Pipa dan Lain-lain

– Pasang Atap Seng, Pergantian Gading Kayu, Pergantian Plafon.

Kode Belanja : 17.02
Sumber Dana : APBD II Rp. 148.003.100,-
Jadwal Pelaksaan : 1 Januari s/d 31 Desember 2008
Posisi Saat ini :
  1. Proses Tender dilaksnakan
  2. Kelengkapan administrasi sudah lengkap
  3. Pelaksanaan Fisik 100%
  4. Pelaksanaan Pembayaran sementara diproses.

Pemeliharaan/Operasional Bandar Udara Olilit, Larat dan Kisar

Tujuan : untuk keselamatan pembangunan baik take off maupun landing dan untuk meningkatkan pelayanan jasa bagi pengguna angkutan pesawat udara.
Lingkup Pekerjaan :
  1. Operasional : Belanja Listrik, Air, Bahan Bakar Minyak
  2. Pemeliharaan : Pengecatan Marka Bandara, Pembersihan areal, pengecatan gedung kantor
Kode Belanja : 17.03
Sumber Dana : APBD II Rp. 245.130.000,-
Jadwal Pelaksanaan : Oktober – Desember 2008
Posisi Saat ini : –        Sementara Revisi Kegiatan (Perubahan Anggaran 2008)

–         Sementara dilaksanakan operasional meliputi Belanja air dan listrik.

Pembuatan Marka Jalan

Tujuan : Pembuatan Marka Jalan bertujuan sebagai alat pengendali, petunjuk dan pengaman lalu lintas kendaraan di jalan
Lingkup Pekerjaan : Pembuatan marka jalan berupa center line dari samping Kantor Pos sampai dengan Ktr BPMD Kab. MTB
Kode Belanja : 19.02
Sumber Dana : APBD II Rp. 75.884.900,-

(Rp. 55.600.400)

Jadwal Pelaksanaan : Agustus – Oktober 2008
Posisi Saat ini : Kontrak sudah ditanda tanganidan masih menunggu alat aplikator marka yang harus didatangkan dari Pulau Jawa, diperkirakan akhir bulan September 2008 pembuatan marka jalan tersebut bisa langsung dilaksanakan (30%)

Pembuatan Pagar Pengamanan Jalan

Tujuan : Terwujudnya Keselamatan Pengguna Jalan yang menggunakan kendaraan bermotor
Lingkup Pekerjaan : Total pagar pengaman yang dipasang adalah 28 meter
Kode Belanja : 19.03
Sumber Dana : APBD II Rp. 108.688.000,-
Jadwal Pelaksanaan : Tahun 2008
Posisi Saat ini : Saat menunggu tibanya Pagar Pengaman Jalan/Guard Rail dari Surabaya

Pekerjaan akan segera dilaksanakan dengan ukuran panjang total 28 meter

Nilai Kontrak sebesar. Rp. ….

Pemeliharaan/Operasional Terminal Angkutan

Kota Saumlaki

Tujuan :
  1. Menjaga Keamanan dan ketertiban lalu lintas dalam terminal
  2. Terawatnya terminal kota saumlaki
  3. Tertatanya pengaturan trayek ….. Dengan tempat yang ditentukan
Lingkup Pekerjaan :
  1. Pengecatan, pembuatan trali pos jaga
  2. Pembuatan palang
  3. Penimbunan dan pengerasan
Kode Belanja : 19.04
Sumber Dana : APBD II Rp. 48.080.000,-
Jadwal Pelaksanaan : 1 Januari 2008 s/d 31 Juni 2008
Posisi Saat ini : 1. Pekerjaan Fisik saat ini telah mencapai 100%

2. Kegiatan Administrasi sambil menunggu perubahan

Survey Rencana Induk Bandar Udara Tepa dan Moa

Tujuan : Melaksanakan Kegiatan Stufy Rencana Induk pada Bandar Udara Tepa dan Bandar Udara Moa sesuai tahapan pembangunan suatu bandar udara dengan mengacu kepada peraturan perundangan yang berlaku.
Lingkup Pekerjaan : Membuat perencanaan pembangunan (Master Plan)  Bandar Udara dengan menetapkan Bench Mark (BM) pada titik-titik tertentu dari sisi darat dan udara, sehingga kelanjutannya adalah akan diterbitkan SK Menteri tentang Rencana Induk Bandar Udara sesuai Tataran Transportasi WIlayah Propinsi Maluku maupun Tataran Transportasi Lokal
Kode Belanja : 35.03
Sumber Dana : APBD II Rp. 1.091.560.000,-
Jadwal Pelaksanaan : Desember 2007 – April 2008

Oleh PT. Tridaya…

Posisi Saat ini :
  • Laporan Akhir (Final Report) Study Rencana Induk Bandar Udara Tepa dan Moa telah diterima, setelah dilaksanakan pemaparan hasil studi pada tgl 09 September 2008 di Saumlaki oleh PT. Tridaya.
  • Presentase dengan Dirjen Perhubungan Udara di jakarta utk mendapatkan SK Menteri Rencana Induk dan Penetapan Lokasi Bandar Udara Tepa pada Bulan Oktober 2008.

Studi Tataran Transportasi Lokal (TATRALOK)

Tujuan :
  1. Sebagai Wadah Integritas Sistem Transportasi Kabupaten MTB yang mengakomodasi Kebutuhan-Kebutuhan Lokal.
  2. Sebagai Penjabaran Tatrwil
  3. Sebagai Acuan bagi perencanaan program pengembangan transportasi.
Lingkup Pekerjaan : Penyusunan Tataran Transportasi (Tatralok) Kab. MTB
Kode Belanja : 35.04
Sumber Dana : APBD II 2007 Rp. 900.240.000,-

APBD II  2008 Rp. 824.330.000,- (Lanjutan 2007).

Jadwal Pelaksanaan : Tahun 2007

Tahun 2008

Posisi Saat ini :
  • Tahun 2007 : Melakukan Persiapan Pelaksanaan kegiatan Untuk di Swakelolakan dengan Bekerja Sama dengan Pihak UNPATTI dengan menghabiskan anggaran 100%
  • dan telah dilaksanakan Presentase Awal, Survey ke 17 Kecamatan pada bulan April s/d Juni 2008
  • Presentasi kedua di Ambon dalam rangka Penyusunan Tatrawil Propinsi Maluku.
  • Presentase Akhir pada bulan Agustus 2008 dan Laporan Akhir siap untuk disampaikan kepada Bupati dan Dinas Terkait.

Pembersihan Lahan Bandar Udara Moa Tahap I

Tujuan : Tersedianya areal/lahan yang siap dan matang guna pembangunan konstruksi bandar udara
Lingkup Pekerjaan : Meningat terbatasnya dana/anggaran, maka lahan bandar udara Moa yang dikerjakan adalah seluas ±55.000 m2 atau dengan ukuran panjang 1.400 m dan lebar 39 meter kegiatannya meliputi : Pembersihan areal dari rumput-rumput dan semak belukar dan tanaman-tanaman perlu lainnya. Perataan areal dari batu karang.
Kode Belanja : 35.07
Sumber Dana : APBD Kab. MTB  Rp. 1.422.950.000,-
Jadwal Pelaksaan : TA 2008 (Awal Oktober)
Posisi Saat ini : – Setelah Idul Fitri dgn Konsultan Perencana PT. Trdaya Pamurtya akan menunjuk Titik/Patok bandar Udara Moa. Sehingga Kontraktor dapat segera melaksanakan pembersihan lahan.

Pemeliharaan Bandar Udara Olilit, Larat, Kisar

Tujuan : Upaya Pemeliharaan terhadap Kegiatan sarana dan prasarana operasionalisasi yang berada diarea bandar udara demi terwujudnya rasa keamanaan, kenyamanan serta keselamatan bagi pengguna jasa angkutan udara baik orang maupun barang
Lingkup Pekerjaan : Belanja Kegiatan pembersihan lahan bandara, belanja BBM, pengecatan marka landasan pacu (Runway), Taxiway, apron, dan berbagai kebutuhan operasional lainnya
Kode Belanja : 35.10
Sumber Dana : APBD II  Rp. 37.500.000,-
Jadwal Pelaksanaan : Lanjutan Tahun 2007
Posisi Saat ini : Telah digunakan untuk belanja pemeliharaan/operasional utk tahun 2007 dan sudah dipertanggungjawabkan melalui LPJ 2007 Dinas Perhubungan dan 2008 telah selesai penggunaan Dana 100%

Dalam rangka penyatuan perencanaan program dan kegiatan ada beberapa hal yang akan dicapai sebagai isu sentral target pelaksanaan Program dan Kegiatan Tahun 2008 yaitu:

  1. Review Perkembangan Program dan Kegiatan Tahun 2008 dan Rencana Kerja Tahun 2009
  2. Review Perkembangan Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Dinas Perhubungan Program dan Kegiatan Tahun 2008 dan Rencana Kerja Tahun 2009

Adapun pelaksanaan Rapat Koordinas dihadiri Kepala Bidang Perhubungan Udara (J. Angwarmase), Perhubungan Darat (Drs. E. Batlayeri, M.Si), Bidang Laut, Postel serta Staf Bagian Perencanaan Dinas Perhubungan…

Beberapa Hal yang disampaikan sebagai isu sentral yang merupakn FOKUS Utama pelaksanaan Program Tahun 2008 yaitu :

  1. Pelaksanaan Operasional KMP. Egron, termasuk penerimaan Pegawai (ABK) yang telah diseleksi dan akan mengikuti Pelatihan di Madura (Jawa Timur),
  2. Pelaksanaan Program dan Kegiatan Bandar Udara Moa Tahap I yang akan dikoordinasikan serta dipresentasikan hasil ole Tim Konsultan Pembangunan PT. Tri Daya PRamurtia yang telah selesai Hasil Survey Rencana Induk Pembangunan Bandar Udara Tepa-Moa,… dalam pelaksanaan tahun ini adalah Clearning Area Bandar Udara.
  3. Pengusulan Program dan Kegiatan Tahun 2009, serta beberapa Program dan Kegiatan sebagai Prioritas Utama diusulkan dalam Perubahan Anggaran (APBD) Dinas Perhubungan pada bulan Oktober 2008.

Ketiga Isu Pokok merupakan fokus utama pelaksanaan yang akan dilanjutkan dalam pembahasan kedua yaitu usulan program dan kegiatan tiap Bidang, hari Ketiga Sinkronisasi hasil usulan dengan Perencanaan Program dan Keuangan untuk dijadikan prioritas Utama Program dan Kegiatan Tahun 2009.

Dalam Rapat Koordinasi lintas bidang telah disampaikan beberapa hasil Review Program-Program Lanjutan Tahun 2007 dan beberapa Kegiatan-kegiatan yang telah dicapai dan belum sebagai acuan terselesainya atau tidak kegiatan Tahun 2008 kedepan atau dijadikan sebagai luncuran atau lanjutan ditahun 2009.

Target pencapaian Tahun 2008 untuk realisasi Non Fisik dapat diukut tingkat Kinerja dan Fisik yang masih belum dapat diukur pencapaian kinerja karena indikator-indikator yang akan dicapai secara umum telah dilaksanakan secara spesifik belum mencapai target.

Dasar itu merupakan tanggung jawab bagian perencanaan dan bidang dalam suatu kerja sama lintas yakni dengan langkah pertama adalah pembenahan data base perhubungan sehingga PAD yang akan diusulkan merupakan target yang dapat diukur sesuai dengan kondisi dan keadaan diwilayah Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

.

Beberapa waktu yang lalu, pertemuan dengan Bapak Bupati Maluku Tenggara Barat di Surabaya membicarakan serta melaporkan  secara informal/tidak resmi tentang Pembentukan Kooperasi Wahana Sejahtera di Dinas Perhubungan demi kesejahteraan Pegawai sebagai contoh bagi dinas/badan terkait lainya.

Selasa, 07 Oktober 2008.

Sesuai instruksi Bapak Bupati Maluku Tenggara Barat, tentang Peninjauan kembali atau di Redesign Jalur/Trayek sesuai dengan Pengoperasian 2 (dua) Unit Mobil Dinas Perhubungan yang akan membantu dan menjembatani Hasil-hasil yang akan dijual oleh Masyarakat sebagai sarana pembantu transportasi selama ini.

Langkah Pertama yang dilaksanakan adalah dengan meninjau dan menguji jalur luar kota yakni dimulai dari Kota Saumlaki hingga Desa Kilmasa, apakah kondisi jalan masih boleh digunakan.

cc.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: